Senin, 22 Oktober 2012

keselamatan bermain sepatu roda

 





 
  • Pilih sepatu roda yang berkualitas, kalau bisa line penyangga roda terbuat dari besi (minimal alumunium). Usahakan jangan memakai yang berbahan plastik, Plastik-pun tidak apa-apa asal memiliki kualitas yang baik.
  1. Bagi pemula ada baiknya memakai pengaman, mulai dari pengaman tangan, siku, lutut dan helm pengaman.
  2. Jangan meluncur atau bermanuver dengan sepatu roda dengan kecepatan tinggi kalau tidak yakin bisa mengendalaikan keseimbangan dalam ber sepatu roda. Kami sarankan jika Anda berada pada arena yang digunakan secara bersama-sama untuk latihan, misal : simpang lima Semarang, Anda memberi ruang bagi mereka yang masih belajar.
  3. Gunakan kaos kaki panjang untuk melindungi kaki agar tidak terluka akibat gesekan yang terjadi dengan sepatu (Biasanya terjadi pada sepatu roda yang memiliki busa sepatu tipis).
  4. Kuasai tehnik menjatuhkan diri. Kedengarannya memang konyol, tapi cara ini jauh lebih baik dari pada tidak tau tentang bagaimana posisi yang benar saat jatuh. Posisi jatuh yang salah akan mengakibatkan kecelakaan yang fatal.
  5. Posisi jatuh yang benar adalah dengan menjatuhkan diri untuk condong kedepan, jangan gunakan bokong sebagai tumpuan pada saat jatuh, karena jika terjadi benturan pada tulang belakang, hal itu bias berakibat fatal bahkan bisa mengakibatkan kebutaan.
  6. Sebelum bermain sepatu roda, sebaiknya berdo’a terlebih dahulu J untuk selanjutnya dilakukan pengecekan terhadap sepatu. Pastikan pengunci roda dalam keadaan kuat dan tidak kendur untuk mencegah roda terlepas dari sepatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar